TRIPOD's Philosophy

"If you're in music for the money and the fame and the recognition, you're playing the wrong instrument." - TRIPOD

Saturday, June 25, 2011

PROGRAM KEBUGARAN PERSONIL TRIPOD

Memiliki tubuh sehat dan ideal yang membuat hidup lebih baik adalah impian dari sebagian besar orang, tak terkecuali dengan para personil TRIPOD. Rakhmad Nur Seha (Rasha), Dwi Kharisma (Ongky), Danang Wikanto (Danang), dan Ardyan Yudha (Ian) secara teratur menjalani program kebugaran di sebuah gym di bilangan Jakarta Selatan. Tujuan dari program kebugaran yang dijalani oleh para personil TRIPOD adalah bukan untuk membentuk badan hingga mempunyai otot yang besar-besar layaknya seorang binaragawan, tapi hanya sekedar untuk meningkatkan tingkat kebugaran tubuh saja.
  
Bagi Ongky yang sedang sangat genjar menjalani program Fat Loss, ia menjelaskan ada 4 poin yang harus diperhatikan dalam menjalani program ini. Yang pertama adalah pola makan yang disiplin, artinya makan 5 sampai 6 kali sehari, tinggi protein, rendah karbohidrat, dan rendah lemak. Kemudian yang kedua adalah pola latihan yang rutin, artinya menu latihan dalam seminggu untuk semua bagian otot. Contohnya kita ingin membentuk otot perut tetapi juga tetap perlu memperhatikan latihan kaki. Selain itu usahakan selalu mendahulukan otot besar (dada, punggung, bahu, dan kaki), baru kemudian otot kecil (lengan, perut, dan betis) saat melatih dalam satu sesi. Yang ketiga adalah pola isitirahat yang cukup, kita merusak otot dalam sesi latihan dan isitirahat memperbaiki otot kita menjadi lebih besar dan kuat, sehingga kualitas dan kuantitas istirahat yang tinggi akan sangat membantu untuk mencapai tujuan dari program Fat Loss. Yang terakhir adalah pola suplemen yang jitu. Dalam program Fat Loss, suplemen yang dibutuhkan adalah protein dan pembakar lemak.
Sedangkan Rasha yang sedang menjalani program Muscle Building memandang bahwa program tersebut adalah yang paling cocok untuk dirinya. Dia mengatakan Muscle Building adalah pembentukan badan untuk menambah massa otot dan berat badan melalui pengaturan pola makan, latihan, istirahat, hingga suplementasi yang tepat. 4 poin yang harus diperhatikan dalam program ini sama dengan apa yang harus diperhatikan dalan program Fat Loss, namun implementasinya yang berbeda, misalnya pola latihan dalam program Fat Loss tentu berbeda dengan pola latihan pada program Muscle Building, begitu juga dengan pola makannya. Menurutnya, program ini sangat cocok bagi anda yang ingin menambah berat badan agar tidak terlihat kurus atau ingin menambah massa otot (menebalkan kondisi otot tubuh).
 
Bagaimana dengan Danang? Gitaris TRIPOD ini memilih Pec Deck sebagai salah satu 'mainan' favorit yang dijalaninya. Dia mengatakan tahap pelaksanaan Pec Deck harus benar-benar diperhatikan agar target pembentukan otot dada yang diinginkan dapat dicapai secara optimal. Tahap pelaksanaan Pec Deck adalah sebagai berikut: posisi duduk sesuai dengan bangku pada pec dec machine, kedua telapak kaki menempel pada lantai atau berpijak pada tumpuan yang tersedia, punggung rata dengan bangku, posisi lengan diletakkan pada bantalan, posisi siku tidak lebih tinggi daripada bahu, punggung tetap menempel pada sandaran saat menutup bantalan di depan dada, siku sedikit lebih rendah daripada bahu saat menutup bantalan di depan dada, dan tarik nafas saat menurunkan beban dan hembuskan nafas saat menaikkan beban.
Diantara para personil TRIPOD, Ardyan adalah salah satu yang paling sibuk. Oleh karena itu ia memilih Body Shaping sebagai program yang dijalaninya. Inti dari program Body Shaping adalah untuk membentu dan menjaga massa otot. Program ini cenderung untuk individu yang memiliki aktivitas yang cukup padat, sehingga memungkinkan latihan 3 sampai 4 kali seminggu. Program ini mencakup pelatihan pada semua bagian otot. Keyboardist TRIPOD ini mengatakan menu kardio juga harus dimasukkan dalam program ini untuk menjaga kardiovaskuler tetap stabil.
 
Itulah kegiatan para personil TRIPOD di sela jadwal masing-masing. Selain latihan musik yang rutin, para personil TRIPOD memandang latihan kebugaran adalah satu faktor yang tak kalah penting dan harus diperhatikan untuk menunjang karya-karya mereka dalam bermusik. MAJU TERUS MUSIK INDONESIA!
http://www.facebook.com/pages/Tripod/216851131669857

1 comment: